Buah Atap Mengobati Radang Sendi dan Asam Urat

Buah Atap Mengobati Radang Sendi dan Asam Urat

Buah Atap Mengobati Radang Sendi dan Asam Urat

Buah Atap Mengobati Radang Sendi dan Asam Urat,- Apakah kalian tahu apa itu buah atap? Mungkin sebagian masyarakat, akan aneh setelah mendengar buah atap ini. Tetapi, setelah menyebutnya buah kolang-kaling Anda akan langsung mengingatnya dan sering sekali dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

Buah atap atau orang menyebutnya kolang kaling ini, merupakan buah yang menghasilkan biji buah yang disebut kolang kaling. Buah atap yang terdapat pada pohon aren ini, memang memiliki manfaat yag serbat multikhasiat mulai dari pohonnya, buah dan daunnya.

Buah atap memiliki bentuk yang lonjong dan berwarna bening keputihan ini, sering dikonsumsi jika buah tersebut diproses terlebih dahulu. Sebab, jika tidak diproses terlebih dahulu maka getah yang terdapat pada pohon aren ini akan mengakibatkan tubuh Anda gatal-gatal karena memiliki getah yang beracun.

Selain rasanya yang terlihat segar, kolang kaling ini memiliki zat karbohidrat, protein dan serat yang tinggi. Makanya, tak heran saat berbuka puasa kolang kaling ini sering disediakan dirumah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Selain dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, buah atap ini ternyata memiliki manfaat lainnya yakni diantaranya seperti :

  • Mampu turunkan berat badan

Kadar air yang terdapat pada buah atap ini, memang terbilang relatif tinggi mencapai 94%. Zat gelatin didalam buah atap ini, ternyata sangat cukup membantu perut menjadi kenyang, menghentikan nafsu makan dan sangat cocok dikonsumsi pada penderita obesitas yang melakukan diet.

  • Mensehatkan tulang dan mencegah osteoporosis

Selain susu yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk tulang manusia. Ternyata tak kalah hebatnya dengan kandungan kalsium pada buah atap ini. Dalam 100gr kolang kaling sama dengan mengandung 91mg kalsium. Sehingga dapat dijadikan sumber kalsium Alternatif atau pengganti susu.

  • Mengurangi gatal-gatal

Meski buah atap ini memiliki getah yang dapat menggatalkan kulit Anda, tetapi jika kolang kaling diproses dan dikonsumsi setiap hari malah bisa menyembuhkan gatal-gatal secara alami.

  • Sebagai sumber vitamin

Vitamin A, B dan C yang terkomplit didalam buah atap ini, akan lebih ampuh adalah memperkuat penjelasan pada penglihatan mata, baik untuk kulit, dan mencegah tubuh dari virus influenza serta sariawan.

  • Memperlancar saluran pencernaan

Kolang kaling atau buah atap ini memang memiliki serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan manusia. Kandungan serat tinggi didalamnya bersama kandungan CO2 menjadikan buah atap ini lebih lama dicerna didalam perut sehingga nafsu makan dapat ditekan dan energi pun dapat disimpan dengan lebih lama. Serat yang terdapat pada buah atap ini jika dikonsumsi, juga dapat membuat peses bisa teratur dan mencegah terjadinya obesitas muncul.

  • Meningkatkan stamina

Kalsium, besi, fosfor dan mineral didalamnya mampu menjadikan tubuh menjadi tetap sehat, bugar serta stamina yang lemah dapat ditingkatkan secara alami.

Gejala akibat sendi mengalami peradangan dan asam urat ini, membuat lutut dan bagian sendi lainnya akan terasa begitu sakit. Buah atap yang sering dibuka kolak manis ini, memiliki senyawa galaktomannan pada dagingnya mampu mengobati rasa sakit akibat radang sendi.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat pada buah atap, yang sering disantap oleh Anda sendiri. Nah, untuk mendapatkan mafaat pada buah atap ini. Cukup dengan dapat mengolah buah kolang kaling ini dengan cara merebusnya dengan air mendidih. Pastikan memilih buah atap yang masih segar, lalu tambahkan daun jeruk dan daun pandan . Aduk hingga rata dan konsumsilah setiap hari.

Tinggalkan Komentar